Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Tips Menyiapkan Anak Cerdas Sejak Masih Bayi

Memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah keinginan bagi kita semua para orang tua. Bukan saja setelah mereka lahir, bahkan ketika masih dalam kandungan pun kita akan menyiapkannya. Selama kehamilan atau anak dalam usia balita ternyata bukan saja menyiapkan bayi agar lahir sehat walfiat, tapi juga cerdas.

‚Äč

Sebagai orang tua kita pasti ingin memiliki buah hati yang pintar, cerdas dan sholeh serta sholehah. Nah, ternyata keinginan dan impian tersebut bisa Anda wujudkan dengan beberapa usaha menyiapkan anak cerdas sejak masih bayi. Ya, kecerdasan ternyata dapat dipupuk sejak dini sehingga nantinya anak Anda akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang pintar dan cerdas ketika sudah besar.

Tips Menyiapkan Anak Cerdas Sejak Dini

Penasaran kan seperti apa cara menyiapka anak cerdas sejak dini bahkan sejak masih bayi? Langsung saja yuk simak ulasan mengenai tips menyiapkan anak cerdas sejak masih bayi berikut ini.

Mengajak Bayi Mengobrol

Menurut pakar yang memerhatikan pendidikan dini bagi Anak, Dr.Jean Ashton dari Universitas Sydey, Asutralia, mengajak bayi mengobrol bisa direspon oleh mereka meski belum dipahaminya. Kemampuan merespon ini adalah awal mereka untuk mengenal cara berkomunikasi.  Kita bisa mengajak mereka untuk mengobrol dengan melucu, memuji mereka atau memanggil namanya.

Bermain Bersama

Dr Ashton juga menyampaikan agar para ibu terlibat bermain bersama anak sambil mengajarkan beberapa hal dengan cara yang menyenangkan. Aktivitas yang dijalani anak bersama ibunya akan membantu merangsang mempercepat proses belajar pada anak, menemukan bakat dan hobinya, melatih kemampuannya berinteraksi dengan orang lain, dan mengendalikan emosinya.

Membacakan Cerita

Membacakan cerita pada anak, baik pada waktu bermain atau malam sebelum tidur juga membantu untuk merangsang kecerdasan pada anak. Menurut seorang pakar pendidikan, Dr.Rosmarie Truglio, mengajak anak untuk membaca akan menambah perbendaharaan kata yang dimilkinya, sehingga anak-anak akan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

Agar anak-anak merasa senang dan tertarik untuk membaca, biasanya buku bacaan untuk mereka dikemas dengan warna-warna dan ilustrasi yang menarik .

Mengajak Anak Bernyanyi

Mengajari anak untuk bernyanyi buka saja salah satu cara menemukan bakat seni pada anak. Dengan mengajak mereka untuk menyanyi bersama, kita juga bisa mengajarkannya sambil memeragakan fisik baik dengan tangan atau kaki. Selain menambah perbendaharaan kata, mereka juga mengenal bunyi dan gerak.

Mengajari Anak Berbagi

Mengajari anak untuk menyayangi sesama juga merupakan cara untuk melatih kepekaan dan kecerdasannya secara emosi. Berbagi makanan dengan teman atau saudara misalnya, sehingga anak akan tumbuh jadi seorang yang penyayang dan suka berbagi agar tidak menjadi seorang yang egois.

Ajari Mengaji

Bila anda seorang muslim, usia bayi juga waktu yang tepat untuk mengajari mereka mengaji atau mengafalkan al quran. Kemampuan otak anak untuk menyimpan memori jauh lebih cepat hafal, mengerti dan bertahan lebih lama dibandingkan dengan orang tua.

Siapkan Masa Depan Anak

Meski anda ingin memiliki anak-anak yang cerdas, bukan berarti kita bisa memaksa mereka untuk bisa belajar banyak hal seperti membaca, menulis dan menghitung. Lakukan sambil santai, agar anak-anak tidak merasa terbebani dengan keinginan anda. Cari dan temukan bakat anak bukan sebaliknya, memaksakan keinginan anda pada anak-anak. Mereka yang akan menjalani masa depannya, bukan kita.

Sudah siap memiliki anak cerdas? Namun, pastikan juga Anda membuat anak memiliki sifat dan sikap yang baik karena akhlak sangat penting dibandingkan kecerdasan. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security