Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Tips Mengajari Anak Gosok Gigi yang Benar dan Menyenangkan

Si kecil makin besar, giginya sudah lengkap sehingga membuatnya bisa mengunyah banyak macam makanan. Selain mengajari mereka cara mencuci tangan atau kebisaan baik lainnya, sudah waktunya untuk mengajari mereka menggosok gigi agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal yang bisa membuat gigi mereka sakit atau bolong. Tidak semua anak-anak balita siap diajari dan mau menggosok gigi. Perlu kesabaran untuk membujuk dan mengajari agar mereka mau menggosok gigi.

Ya, gosok gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pada tubuh. Islam sangat menganjurkan untuk hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu pastikan juga Anda mengarjakan cara gosok gigi yang benar kepada buah hati Anda sejak dini.

Rajin menggosok gigi tidak hanya dianjurkan oleh rasullulah SAW, akan tetapi gosok gigi juga dapat membuat pertumbuhan gigi si Kecil menjadi lebih sehat. Pada masa ini sangat penting sekali bagi kita sebagai orag tua untuk menjaga kebersihan gigi karena pada masa-masa ini anak suka sekali makan makanan yang manis dan dapat merusak gigi.

Tips Mengajari Anak Gosok Gigi yang Benar

Jangan bingung bila mereka masih melakukan gerakan tutup mulut atau pura-pura tidur karena menghindari ritual gosok gigi setiap hari. Berikut ini adalah cara gosok gigi yang benar yang bisa dipraktikkan di rumah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan agar acara menggosok gigi jadi menyenangkan bagi mereka.

Ajak Balita Belanja Bersama

Saat anda berbelanja bulanan, termasuk untuk perlengkapan mandi dan gosok gigi ke supermarket, ajaklah si kecil untuk ikut memilih sikat gigi dan pasta gigi bagi mereka. Saat ini banyak kok sikat gigi yang mempunyai bentuk yang lucu-lucu, wadah atau kemasan yang tidak kalah menarik untuk anak-anak balita. Begitu juga dengan perlengkapan lainnya berupa gelas yang lucu dan rasa dari pasta gigi yang disukai mereka.

Penghitung Waktu Yang Menyenangkan

Kadang-kadang si kecil mengeluhkan waktu gosok gigi yang terasa lama bagi mereka. Siasati masalah ini dengan membeli jam pasir yang lucu dan menarik. Lamanya waktu gosok gigi yang hanya 2 menit jadi tidak terasa bagi balita anda.

Temani Mereka Saat Gosok Gigi

Hanya menyuruh mereka menggosok gigi dan meninggalkan mereka membuat anak-anak merasa bosan. Selain itu hasilnya juga tidak akan efektif karena anda tidak bisa mengecek apakah mereka sudah benar membersihkan gigi. Karenanya, temani mereka sambil membimbing cara menggosok gigi yang benar.

Untuk menghilangkan kebosanan, anda juga bisa bercerita manfaat menggosok gigi untuk kesehatan mereka, makanan apa saja yang bisa membuat gigi rusak dan cerita sambil mengajarkan-cerita lainnya yang seru dan menyenangkan mereka.

Variasi Agar Tidak Bosan

Sekali waktu anda bisa membuat variasi lain dengan memberikan sikat gigi elektrik agar mereka tidak merasa bosan saat menggosok gigi.

Buat Reminder Yang Menyenangkan

Balita anda sudah selesai sarapan atau sudah waktunya untuk tidur malam. Artinya mereka  juga harus bersiap-siap untuk menggosok gigi agar gigi dan mulutnya tetap bersih. Ingatkan mereka dengan cara yang menyenangkan, jangan membuat mereka seperti terpaksa untuk gosok gigi. Anda juga bisa memasang poster atau gambar tentang cara dan manfaat menggosok gigi dengan ilustrasi yang lucu dan menarik di ruang makan, kamar atau di kamar mandi.

Semoga si Kecil menyukai cara gosok gigi yang benar ini ya. Selamat menikmati acara gosok gigi yang benar bersama si kecil. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security