Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Tips Memilih Sekolah Dasar Yang Tepat Untuk Anak

Si kecil sudah menyelesaikan sekolahnya di TK. Kini waktunya bagi kita para orang tua untuk mencarikan sekolah dasar yang tepat bagi anak-anak tercinta. Banyak pertimbangan yang mendasari keputusan kita memilih sekolah bagi mereka. Bukan saja soal prestise yang dimiliki sekolah saja lho untuk memutuskan memasukkan anak kita ke sebuah sekolah.

Tips Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak

Nah, berikut ini beberapa tips memilih sekolah dasar yang tepat untuk si Kecil agar ia bisa bersekolah dan menuntut ilmu dengan lebih nyaman dan aman di sekolah barunya. Tidak hanya untuk si Kecil, akan tetapi juga untuk Anda sebagai orang tua.

Jarak Antara Rumah dan Sekolah

Biasanya ini adalah pertimbangan paling awal untuk memasukkan anak ke sekolah. Selain memudahkan orang tua untuk menjemput terutama ketika anak masih duduk di kelas 1) juga pertimbangan kondisi fisik anak. Bila harus menempuh perjalanan yang jauh dari rumah, sampai di sekolah ia tidak bisa fokus seperti teman-teman lainnya. Begitu juga bila pulang ke rumah, ia sudah keburu lelah dan tidak bisa bermain.

Iuran sekolah

Kecuali sekolah negeri yang tidak memungut biaya, bila akan memasukkan anak ke sekolah swasta pertimbangkanlah finansial anda untuk membiayai sekolah anak dan keperluan lainnya. Jangan sampai kesulitan untuk membayar iuran, membuat mereka pindah sekolah dan harus beradaptasi lagi dengan lingkungan baru.

Situasi dan Kondisi Sekolah

Sebaiknya pilih sekolah untuk anak-anak yang kondusif agar bisa belajar dengan baik. Misalnya saja sekolah yang jauh dari tempat keramaian umum . Kenyamanan dan ketenangan suasana akan memengaruhi semangat dan konsentrasi mereka selama belajar.

Karakter Sekolah

Ke sekolah seperti apa anda akan memasukkan si kecil? Beberapa sekolah punya unggulan khusus yang dirancang untuk anak-anaknya. Misalnya saja ada yang menganut sistem international school atau spesialisasi lainnya. Pahami dulu karakter sekolah dengan kemampuan anak untuk mengikuti program yang diselenggarakan sebelum memutuskan untuk mendaftarkan mereka.

Bahasa Pengantar

Bila anda pendatang di tempat tinggal, sebaiknya pilih sekolah yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Bila mengikuti sekolah dengan mayoritas penggunaan bahasa pengantar daerah yang belum dipahami, akan menyulitkan anak untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Lain ceritanya bila anda memasukan anak ke sekolah internasional dengan tujuan mempercepat kemampuan anak untuk menguasai bahasa asing. Untuk mengimbangi dan membantunya terbiasa, gunakan juga bahasa asing sebagai bahasa pendamping lainnya di rumah.

Cara Belajar

Selain cara belajar yang konvensional, sejumlah sekolah juga menyelenggarakan cara belajar yang berbeda, misalnya saja sekolah alam yang sekarang sedang tren. Bila anak anda temasuk anak yang aktif dan tidak betah diam berlama-lama di dalam sekolah, cara belajar sekolah alam adalah pilihan yang menarik untuk mereka.

Katering Sekolah

Keuntungan dengan adanya katering sekolah adalah terjaminnya gizi anak karena mereka tidak jajan sembarangan. Konsekuensinya, anda harus menyiapkan dana tambahan untuk membayar biaya katering.

Jumlah Murid Dalam Kelas

Paling ideal jumlah murid dalam satu kelas dengan satu guru adalah 25 orang. Dengan jumlah murid sebanyak ini guru bisa memantau dan memonitor anak-anak didiknya. Pertimbangan lainnya bagi anda untuk memilih sekolah yang perlu diperhatikan misalnya saja kualifikasi para  guru yang mengajar dan reputasi sekolah yang dimilikinya. Semakin moncer prestasi sekolah baik secara lembaga mau pun indvidu yang mewakili sekolah juga turut memengaruhi pilihan kita memilih sekolah.

Sekarang Anda bisa menyekolahkan buah hati Anda dengan tenang, aman dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda para orang tua yang sedang mencari pencerahan mengenai tips memilih sekolah dasar untuk anak. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security