Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Rasa takut merupakan suatu hal yang wajar dan dialami oleh setiap terutama pada saat masih anak-anak. Namun adakalanya ketakutan itu menjadi hal yang berlebihan atau biasa disebut dengan phobia terhadap suatu hal. Hal ini sangat bisa dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Bila orang dewasa bisa menggunakan rasionya untuk mengatasi ketakutan atau kecemasan, lain halnya pada anak-anak Anda. Jangan mengolok-ngolok atau memarahi mereka karena keluhan mereka takut terhadap sesuatu atau beberapa hal, ya, Moms. Yuk kita bantu mereka untuk mengatasinya.

Rasa takut yang berlebihan bisa saja berdampak buruk pada buah hati kita. Ya, hal ini bisa saja mengakibatkan buah hati Anda tidak mandiri atau dampak buruk lainnya yang berhubungan dengan sikap anak. Padahal kemandirian pada anak sangat dianjurkan untuk diajarkan dalam islam. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda membantu buah hati Anda mengatasi rasa takut tersebut sejak dini.

Cara Mengatasi Rasa Takut pada Anak

Mengatasi rasa takut yang berlebihan pada anak memang tidaklah mudah. Anda tentu perlu tips dan trik untuk mengatasi masalah tersebut. Rasa takut pada suatu hal juga berbeda-beda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa tips membantu anak mengatasi rasa takutnya. Langsung simak saja yuk, listnya.

  • Cobalah Berbicara dengan Si Kecil

Cobalah berbicara dari hati ke hati dengan mereka. Cari waktu yang tepat untuk mengobrol santai dengan mereka. Ajak mereka untuk curhat dan menyampaikan hal-hal apa saja yang sering mengganggu pikiran mereka. Sebagai panduan untuk Anda memonitor perkembangan mereka, buatlah catatan hasil obrolan Anda berdua berikut daftar hal-hal yang membuat mereka takut.

  • Berikan Sugesti Positif

Bantu anak-anak mereka untuk mengubah mindsetnya. Ajarkan kata-kata positif untuk menghadapi kecemasannya. Bila perlu, ajarkan mereka beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan. Misalnya saja, biasakan mereka untuk membaca buku saat menunggu Anda menjemput dari tempat les.

Anak-anak Anda juga bisa mengatasi kecemasan dengan membuat praaduga yang positif, alih-alih ketakutan yang tidak beralasan. Bila Anda telat menjemput, beritahukan melalui guru mereka bahwa Anda sedang dalam perjalanan menjemput mereka. Bila anak-anak Anda sudah dibekali handphone Anda bisa menelpon atau mengirim pesan singkat untuk mengabari mereka.

  • Coba Ajak Anak Berolahraga

Olahraga ternyata bukan saja baik untuk kesehatan. Dengan melakukannya secara teratur bisa membantu mengendalikan emosi dengan pikiran termasuk menghilangkan kecemasan. Adrenalin yang tercapu saat berolahraga ampuh untuk mengatasi kecemasan pada anak-anak. Anda bisa mengajak mereka berolahraga yang memacu adrenalin seperti bermain flying fox atau ATV. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba mengajak Anda untuk berolahraga renang untuk mengatasi rasa takut anak pada air.

  • Biarkan Anak Dengan Pilihannya

Saat seorang dewasa menghadapi kecemasan, ia akan menngalihkan satu kegiatan dengan kegiatan lainnya agar membantunya jadi lebih rileks. Cara ini juga bisa Anda ajarkan pada anak-anak Anda. Tanyakan hal apa yang yang mereka sukai. Dorong mereka untuk melakukan hal-hal kesukaan/hobi mereka untuk mengalihkan kecemasannya.

Bila anak Anda menyukai menggambar, Anda bisa memfasilitasi mereka untuk menyalurkan hobinya. Begitu juga bila mereka mempunyai hobi lain seperti bermain musik atau aktifitas lainnya.

Jangan lupa untuk menyampaikan pada mereka bahwa mereka bisa mengatasi sendiri kecemasannya menjadi sesuatu hal yang positif. Anda bisa menceritakan pengalaman Anda ketika mengalami ketakutan dan bagaimana Anda bisa melaluinya. Dengan begitu, anak-anak tidak akan berlebihan menghadapi ketakutannya. Perlahan tapi pasti mereka bisa menemukan hal positif saat berhasil mengalahkan kecemasannya itu.

Itu dia beberapa tips membantu anak mengatasi rasa takut yang dapat Anda coba terapkan. Selamat mencoba dan semoga buah hati Anda dan keluarga selalu dalam lindungan-Nya. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *