Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Tips Melatih Berpuasa Pada Anak Selama Bulan Ramadan

Puasa adalah salah satu kewajiban ibadah umat islam selain sholat. Puasa juga sangat dianjurkan untuk diajarkan kepada buah hati kita bahkan mengajarkan puasa pada anak sejak dini malah akan lebih bagus. Bagi orang-orang dewasa sebenarnya tidak ada masalah soal ukuran berapa lama lagi harus berpuasa. Tapi lain ceritanya dengan anak-anak.

Untuk bertahan sehari puasa pun mereka perlu belajar untuk menyelesaikannya. Meski memang belum diwajibkan untuk berpuasa secara penuh, tentunya kita perlu mengajarkan mereka untuk belajar berpuasa sehari penuh. Syukur-syukur kalau mereka bisa menjalaninya dengan santai tanpa mengeluh lapar atau haus.

Ya, tidak semudah itu mangajarkan anak untuk berpuasa sejak dini. Tentu Anda harus mengetahui beberapa tips dan trik melatih anak berpuasa pada bulan Ramadhan agar anak bisa kuat dan senang menjalani puasa selama bulan Ramadhan.

Cara Melatih Berpuasa Pada Anak Selama Bulan Ramadan

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengajari anak-anak berpuasa dengan beberapa tips berikut ini.

  • Ajak Sahur Bareng

Sebagai bekal berpuasa agar tidak lemas seharian, dalam sahur juga terdapat keberkahan. Agar anak-anak tidak mengantuk saat dibangunkan untuk sahur, kondisikanlah anak-anak agar tidur lebih cepat sehingga mereka tidak protes atau menangis saat dibangunkan.

  • Menu Makanan Yang Enak

Agar bersemangat saat sahur, tidak ada salahnya bila anda menyiapkan menu sahur favorit mereka. Tidak harus mahal, tapi mempunya gizi dan nutrisi yang cukup dengan tampilan yang terlihat enak dan menggoda untuk anak-anak. Agar perut tidak cepat kosong perbanyaklah makanan yang mengandung lemak serta imbangi dengan sayur atau buah-buahan agar tidak mengalami sembelit.

  • Perbanyak Minum

Salah satu keluhan yang sering disampaikan anak-anak saat berpuasa adalah perasaan haus pada siang hari. Anda bisa memberikan mereka minuman manis sepertiteh manis untuk penutup sajian sahur bagi anak-anak. Pilihan lainnya anda juga bisa memberikan susu atau jus buah yang manis. Namun jangan lupa untuk menjaga konsumsi gula agar tidak berlebihan, karena bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas pada anak.

  • Alihkan Waktu Memberi Vitamin

Karena fungsi utama dari vitamin adalah untuk merangsang nafsu makan, maka sebaiknya berikan vitamin pada mereka pada waktu berbuka agar pada siang hari tidak mudah merasa lapar.

  • Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Tidak Kuat Berpuasa?

Permasalahan ini tentu akan Anda lalui dan Anda rasakan selama melatih buah hati Anda untuk menjalankan ibadah puasa. Tentu saja kita bisa melatih mereka berpuasa secara bertahap, tidak sekaligus selesai dalam sehari sampai maghrib. Misalnya, untuk hari ini mereka batal pada jam 9 pagi lalu berpuasa lagi dan makan pada jam 3 sore dan berpuasa lagi sampai waktu berbuka. Untuk keesokan harinya, geser waktu berbuka jadi jam 11 siang dan seterusnya sampai bisa berpuasa sampai waktu adzan maghrib.

  • Mengatur Pola Makan Saat Berbuka

Karena lapar yang sangat terasa pada siang hari, biasanya akan membuat anak-anak jadi kalap dan memakan ini itu. Inilah waktu yang tepat untuk kita mengajari anak-anak makna berpuasa. Berpuasa bukan saja memindahkan waktu makan, tapi juga belajar menahan nafsu, termasuk nafsu makan. Untuk berbuka, mulailah dengan makanan atau minuman yang manis. Untuk makan berat, sebaiknya ajari mereka untuk makan secukupnya setelah salat maghrib atau setelah selesai salat tarawih.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk mengatur uang jajannya yang tidak terpakai pada saat berpuasa. Bisa dengan menyisihkannya untuk sedekah, mengisi kencleng di masjid atau membeli mainan yang diinginkannya.

Itu dia beberapa tips melatih berpuasa pada anak selama bulan Ramadhan. Selamat mencoba dan semoga buah hati Anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security