Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Usia balita adalah usia yang paling baik dalam menerima informasi dan pengetahuan, maka kesempatan ini sebaiknya dimanfaatkan oleh orangtua untuk mau banyak memberikan pengejaran pada balitanya seperti mengajarkan berhitung, mengeja dan warna.

Mengajarkan anak segala pengetahuan yang ada di dunia ini adalah tugas dari orang tua. Ya, mengajarkan segala hal pada buah hati sejak dini adalah tugas kita sebagai orang tua. Bahkan islam ada hadist yang juga sudah menyebutkan dan mengajarkan bahwa wajib hukumnya untuk kita sebagai manusia yang merupakan ciptaan-Nya yang sempurna untuk terus belajar mulai dari buaian orang tua hingga ke liang lahat.

Nah, oleh karena itu kita sebagai orang tua juga memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengajarkan berbagai macam hal pada buah hati Anda sejak dini. Mulai dari mengajarkannya tengkurap, merangkak, berjalan, membaca, menulis hingga mengenal warna dan pengatahuan yang lainnya.

Namun, pada artikel ini kami hanya akan membahas tentang bagaimana mengajarkan warna pada anak, karena warna sangat bisa menarik perhatian anak, maka dari itu mengajarkan warna pada balita sangat cocok diterapkan.

Tips dan Cara Mengajarkan Warna pada Anak

Banyak efek positif yang didapat oleh anak jika orangtua berhasil mengajarkan warna pada mereka, seperti anak akan lebih bisa fokus, memilki konsentrasi yang baik, dan bisa menjadi pemikir yang baik. Mengajarkan warna pada balita memang tidak mudah, balita biasanya susah untuk fokus pada satu benda yang kurang menarik perhatiannya dalam waktu yang lama.

Untuk itulah, artikel ini akan memberikan beberapa tips yang efektif yang bisa diterapkan orangtua dalam mengajarkan warna pada anak. Ada satu kunci yang harus dipunyai orangtua untuk membuat tips-tips ini berhasil, kuncinya adalah kesabaran dan keuletan. Selamat membaca.

  • Carilah Objek Benda Yang Disukai Anak

Point ini sangat baik untuk digunakan untuk mengajarkan warna pada anak Anda adalah dengan cara mencari objek atau benda yang disukai oleh buah hati Anda. Misal anak Anda sangat menyukai Donald duck, karakter kartun dari Walt Disney, Anda bisa menjabarkan warna-warna yang ada pada pakaian Donald Duck. Dengan hal ini tentunya sang anak akan lebih mencerna pengajaran warna yang Anda berikan dan anak menjadi lebih senang belajar warna dengan benda kesukaannya.

  • Carilah Warna Yang Cerah Dan Disukai Anak

Anak sangat suka sekali dengan warna yang cerah, mereka biasanya akan fokus terhadap warna tersebut. Nah, pada kesempatan itu Anda berikan informasi tentang apa nama warna tersebut. Tidak ada salahnya juga Anda mengajarkan macam-macam warna pada anak dengan menggunakan bahasa yang berbeda misal seperti bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

  • Berikan Anak Anda Tontonan Yang Membahas Tentang Warna

Sekarang-sekarang ini banyak sekali program di TV yang menayangkan program edukasi untuk anak, maka carilah program yang membahas tentang warna dan biarkan anak Anda menontonya. Tapi dampingilah terus mereka dan ingatkan kembali warna-warna yang sudah dipelajari.

Itulah beberapa point-point yang bisa Anda lakukan dalam memberikan pengajaran warna pada anak Anda. Beberapa cara mengajarkan warna pada anak tersebut tentunya akan sangat efektif dan menyenangkan bagi Anda dan buah hati. Dengan begitu, buah hati Anda juga akan lebih mudah mengingatnya.

Kunci keberhasilan dari point-point tersebut adalah selalu tekun dan sabar, serta ingatlah mengajarkan sesuatu pada anak yang masih kecil sejak dini akan mudah sekali diingat. Selamat mencoba dan semoga anak Anda segera tahu menyebutkan berbagai macam warna, terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *