Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Pentingnya Mengajarkan Anak Berenang Sejak Dini
Bagi beberapa orang membawa anak ke kolam renang sebelum ia bisa berjalan mungkin akan terlihat aneh dan berbahaya. Namun, ternyata tahukah Anda bahwa memperkenakan air pada anak sejak dini dapat memberikan banyak sekali keuntungan.
‚Äč

Menurut penelitian yang dilakukan dengan memberikan anak Anda banyak waktu di koam renang, anda dapat membantunya untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kecerdasan mereka. Selain itu, sistem saraf anak juga akan terangsang pada saat mereka menendang, berseluncur dan melakukan aktivitas lainnya di dalam air.

Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Berenang

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa ada banyak sekali manfaat mengarkan anak berenang. Salah satunya adalah berenang dapat meningkatkan fungsi kecerdasan otak anak. Mengapa bisa demikian?

Jadi, pada saat berenang anak akan menggerakkan kedua sisi tubuh mereka dengan gerakan yang berpola. Hal ini tentu akan sangat membantu perkembangan otak buah hati Anda secara otomatis. Gerakan ini akan mengaktifkan saraf-saraf otak si kecil terutama pada bagian yang disebut dengan corpus collusum yakni sebuah daerah yang ada di otak yang memiliki fungsi untuk mengatur komunikasi dan juga umpan bali terhadap rangsangan hingga penghantaran rangsang dari satu otak ke sisi otak yang lainnya.

Pada akhirnya, hal ini dapat meningkatkan kemampuan membaca, kemampuan perkembangna bahasa, pelajaran akademik dan juga kesadaran spesial anak. Hal ini juga sudah dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 4 tahun dan melibatkan lebih daru 7000 anak. Penelitian menunjukkna bahwa anak yang berenang akan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih matang jika dibandingkan dengan anak lainnya yang tidak berenang.

Bahkan jika dijelaskan secara lebih spesifik anak usia 3 hingga 5 tahun yang memiliki kebiasaan berenang memiliki kemampuan verbal 11 bulan di atas anak seusianya, kemampuan berbahasa 2 bulan diatas usianya dan kemampuan berhitung matematikan 6 bula diatas anak seusianya. Selain itu, mereka juga mampu mengingat cerita 17 bulan diatas teman seusianya dan kemampuan memahami arah 20 bulan diatas teman seusianya.

Berenang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Selain dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, berenang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak Anda. Hal ini karena pada saat belajar renang, Anak tentunya akan berinteraksi dengan sesama dengan orang tua atau pengajar. Hal ini secara tidak langsung akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Bahkan hal ini juga sudah dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan di Jerman. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang diajari berenang pada usia 2 bulan hingga 4 tahun akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, memiliki kepercayaan yang lebih tinggi dan lebih mandiri dibandingkan anak yang tidak belajar renang. Tidak hanya itu, mengajari anak berenang juga dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan diri dan meningkatkan daya motivasi anak terhadap dirinya sendiri.

Mengajarkan Anak Berenang dapat Mengurangi Risiko Tenggelam

 

Latihan berenang sejak dini adalah suatu hal yang sangat penting untuk mengurangi risiko tenggelam yang merupakan penyebab kematian terbesar pada anak dan balita. Salah satu latihan keselamat yang dapat Anda coba latih pada anak Anda bahakn pada bayi adalah teknik mengapung dengan bagian punggung di bawah. Hal ini merupakan salah satu teknik bertahan hidup yang sangat berguna.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan mengapa sangat penting mengajarkan anak berenang sejak usia dini. Saran kami, pastikan Anda membelikan baju renang anak untuk si kecil agar lebih aman dan nyaman pada saat berenang. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security