Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Bagi para orang tua perlu kiranya untuk mengajarkan si Kecil cara cuci tangan yang baik dan benar. Selalu mencuci tangan merupakan salah satu cara menjaga kebersihan yang juga dianjurkan dalam agama islam. Bahkan Allah SWT juga berfirman bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi, mengajarkan anak untuk terbiasa hidup bersih dan sehat adalah kewajiban seluruh orang tua.

‚Äč

Pastikan Anda dan keluarga tidak lupa untuk selalu membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan sehabis melakukan berbagai aktivitas. Hal ini sangat penitng juga untuk Anda ajarkan kepada si Kecil. Nah, berikut akan kami jelaskan beberapa alasan mengapa kita sebagai orang tua harus selalu mengajari anak cara cuci tangan yang baik dan benar.

Alasan Pentingnya Ajari Anak Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Beberapa hal berikut adalah alasan mengapa kita sebagai orang tua harus selalu menjaga kebersihan tangan dan juga penting bagi kita untuk mengajarkan anak cuci tangan yang baik dan benar.

Tangan Adalah Sumber Kuman

Memegang barang terutama uang, bersalaman dan aktivitas tangan lainnya menjadikan tangan jadi sumber kuman bila tidak dicuci bersih. Usahakan agar kuku tangan si Kecil juga selalu dipotong pendek atau dijaga kebersihannya agar tidak ada kotoran yang tertinggal.

Tangan yang kotor juga adalah media paling mudah untuk kuman bisa berkembang biak dengan cepat. Anda tentu tidak mau ada kuman yang masuk ke dalam perut buah hati Anda hanya gara-gara lupa mencuci tangan, bukan?

Kuman Eschrichia Coli Penyebab Berbagai Penyakit

Diantara berbagai jenis kuman yang tinggal di tangan, salah satunya ada Escherichia coli yang bisa menyebabkan berbagai penyakit pada anak antara lain diare, flu, paru-paru basah dan berbagai infeksi lainnya seperti infeksi pada mata, telinga sampai saluran kencing bahkan penyakit TBC pun bisa menular bila bersalaman dengan penderita yang lupa membersihkan tangannya. Bila punya anak yang masih balita, pastikan juga tangan dalam keadaan bersih bila akan mencuci kelamin pada bayi dan anak-anak agar mereka tidak terinfeksi.

Cuci Tangan Lima Kali Dalam Sehari

Sebaiknya kita mencuci minimal 5 kali dalam sehari, yaitu sebelum makan, selesai dari toilet, menyiapkan makan dan setelah memegang hewan. Selain itu bersihkan juga tangan setelah menyentuh benda lain yang bisa membuat tangan si Kecil jadi kotor.

Tidak Selalu Harus Sering

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bukan jaminan juga frekuensi mencuci tangan membuat tangan jadi tetap bersih. Untuk itu pastikan Anda mengajari anak untuk gunakan sabun yang benar. Bila perlu, gunakan sabun yang mengandung pelembab yang cukup da tidak menyebabkan tangan teriritasi.

Beri Contoh Pada Anak

Jangan lupa untuk memberi contoh secara langsung pada anak bagaimana seharusnya mencuci tangan yang baik. Ingatkan mereka pada waktu-waktu tertentu bila sudah menyentuh benda yang kotor atau aktivitas lainnya. Meski sudah mencuci dengan sebun, bila caranya tidak benar, kuman masih bisa tinggal di tangan.

Lakukan dalam waktu yang cukup, di bawah air yang mengalir selama kurang lebih 10-20 detik agar kuman benar-benar hilang. Jangan lupa untuk mencuci seluruh bagian tangan, bukan saja telapak tapi juga punggung tangan, sela-sela jari dan kuku. Gosok semua bagian tangan secara merata dan lembut sampai benar-benar bersih.

Setelah tangan dicuci dan dibilas, keringkan tangan dengan menggunakan tissue. Hindari menggunakan lap tangan, terutama bila mencuci tangan di tempat umum karena kehigienisannya tidak terjamin dan bisa menyebabkan kuman berpindah ke tangan anda.

Itu dia beberapa alasan pentingnya mengajarkan anak cuci tangan dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *