Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Memilih Mainan Anak Dan Tempat Bermain Yang Tepat

Para orang tua yang baik adalah mereka yang mampu memilah dan memilih mainan dan tempat bermain anak yang tepat. Mainan anak yang tepat adalah mainan yang sesuai dengan jenis kelamin, usia, dan pembawaan anak.

Apabila anda memiliki balita perempuan, maka anda harus memberikan mainan yang cocok, semisal boneka atau Barbie.

Bila anda memiliki anak laki-laki, mungkin mainan semacam mobil-mobilan atau lego akan cocok untuk dia.

Ya, hal tersebut juga sudah dijelaskan dalam islam untuk mengajarkan anak dan memakaikannya baju yang sesuai dengan kodratnya. Hal ini sangat penting sekali, karena tidak sedikit kasus para orang tua yang menginginkan anak laki-laki lalu di karuniai anak perempuan membelikan baju atau mainan anak laki-laki yang tentunya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya.

Setelah cukup besar apa yang terjadi? Tidak sedikit anak perempuan yang akan bertindak layaknya seorang laki-laki atau tomboy karena pengaruh dari mainan dan juga tempat bermainnya pada saat masih kecil, begitu juga sebaliknya pada anak laki-laki yang diberikan mainan boneka.

Tips dan Cara Memilih Mainan Anak Dan Tempat Bermain Yang Tepat

Jika anda adalah orang tua baru, maka anda harus tau persis apa mainan anak apa yang tepat untuk anak anda, dan tempat bermain mana yang bisa membantu perkembangan anak. Berikut ini adalah beberapa kriteria dan cara memilih mainan anak dan tempat bermain mereka.

Masih ada banyak lagi hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih mainan anak dan tempat bermain anak yang tepat. Langsung saja yuk kita simak beberapa kriteria serta cara memilih mainan anak dan tempat bermain yang tepat untuk si kecil.

  • Pilih Tempat Bermain Anak yang Memiliki Wahana Lengkap

Tempat bermain yang tepat adalah tempat bermain yang memiliki wahana permainan lengkap, seperti jungkat jungkit dan komidi putar mini, dan bertempat di areal yang aman dan sehat. Tempat yang aman maksudnya adalah tempat yang cukup ramai dan memungkinkan para orang tua untuk mengawasi langsung anak mereka.

  • Jangan Memilih Tempat Bermain yang Sepi

Tempat yang terlalu sepi tidak dianjurkan karena sangat berpotensi untuk terjadinya kekerasan pada anak oleh orang jahat. Sedangkan tempat yang sehat adalah tempat yang berdekatan dengan pepohonan atau taman, jauh dari pabrik atau sungai yang kotor.

  • Berikan Mainan yang Sesuai dengan Jenis Kelamin Anak

Sebagaimana telah disebutkan diatas, dalam memilih mainan anak yang tepat, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah jenis kelamin, usia, dan pembawaan anak anda. Juga, anda harus memberikan mainan anak yang dapat mendidik kerja otaknya, dan melatih saraf-saraf motoriknya.

Lego atau permainan kotak huruf adalah yang paling tepat bagi anak perempuan maupun laki-laki usia berapapun, karena permainan ini dapat melatih sensor motorik dan saraf otak mereka.

  • Pilih Tempat Bermain yang Dapat Mendukung Kesehatan Anak

Sedangkan dalam memilih tempat bermain, anda harus memilih tempat yang sekiranya dapat mendukung kesehatan anak, terutama kesehatan mentalnya. Mengapa? Karena hal ini akan berhubungan secara tidak langsung dengan perangai ketika ia beranjak dewasa.

Anak yang semasa kecilnya bermain di tempat yang tidak sehat bagi fisik, seperti misalnya tempat yang dekat dengan pabrik atau sungai yang berpolusi, akan berdampak buruk bagi organ pernapasannya.

Apabila anda belum tahu mainan anak yang tepat untuk anak anda, dan juga tempat bermain mereka, maka anda harus menjelajah dunia maya. Dengan bantuan dunia maya, anda pasti akan mendapatkan informasi yang lengkap dan menyeluruh tentang mainan apa saja yang cocok untuk anak anda, dan tempat bermain yang tepat di lokasi anda tinggal.

Sekian informasi mengenai tips dan cara memilih mainan anak dan tempat bermain anak yang tepat. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security