Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Manfaat Mendongeng Sebagai Cara Mendidik Anak yang Menarik

Salah satu kebiasaan lama dari orang tua atau bahkan kakek kita yang baik untuk dilanjutkan pada anak-anak kita adalah membacakan dongeng. Pada saat kita masih kecil tentu kita akan merasa senang sekali jika mendengar dongeng yang diceritakan oleh orang tua atau bahkan kakek nenek kita.

Ternyata mendongeng juga memiliki manfaat yang cukup besar loh untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Apakah anda sudah membiasakan hal ini? Atau baru mulai? Banyak manfaatnya lho dengan membacakan dongeng untuk anak-anak. Bukan saja untuk menyenangkan mereka.

Manfaat Mendongeng Sebagai Cara Mendidik Anak

Ini beberapa manfaat mendongeng sebagai salah satu cara mendidik anak bila kebiasaan mendongeng bagi anak-anak dijadikan sebagai rutinitas anda.

Menyampaikan Pesan Positif

Ada banyak pesan kebaikan yang bisa disampaikan dari dongeng tanpa ada kesan menggurui. Cerita yang menarik akan membuat anak-anak ‘ketagihan’ untuk mendengarnya lagi. Sambil mendongeng, anda bisa menyelipkan pesan yang ingin disampaikan secara halus.

Menambah Kosa Kata Anak

Meski mereka belum lancar berbicara, bila sering mendengar anda berbicara terutama saat anda bercerita akan membantu menambah perbendaharaan kata dan memahami istilah baru yang didengarnya dengan cara yang mereka sukai. Selain itu, saat cerita yang disampaikan membuat mereka tertarik juga bisa melatih kemampuan mereka untuk belajar berkonsentrasi.

Memperkuat Daya Ingat

Coba anda pancing mereka untuk menceritakan kembali dongeng yang sudah anda sampaikan sebelumnya. Cerita yang menarik biasanya lebih mudah diingat tanpa disengaja. Selain bertutur, anda bisa menggunakan boneka, kertas, kartu atau media lainnya untuk membantu menjelaskan cerita yang disampaikan.

Anak Jadi Tahu Lebih Banyak

Lewat cerita yang disimak,anak-anak jadi lebih banyak tahu hal-hal baru yang dikenalnya. Misalnya saja tentang kebiasaan kucing, bagaimana hujan bisa terjadi, dan pengetahuan baru lainnya bagi mereka.

Melatih Kecakapan Berkomunikasi

Salah satu hal yang sering kita jumpai pada anak adalah rasa ingin tahunya yang besar. Makanya, tidak heran bila ada beberapa anak yang sangat cerewet dan banyak bertanya soal hal baru yang didengar dan dilihatnya.  Awalnya mereka akan kesulitan untuk menyampaikan maksudnya karena keterbatasan kosa kata yang dimilikinya. Namun, bila anda bisa menyampaikan dengan cara yang sederhana, bimbingan dan pancingan lainnya bisa membantu mereka mengungkapkan pendapat yang ingin disampaikan.

Cara Mendidik Anak dengan Mendongeng

Jadi, bagaimana caranya untuk memulai mendongeng pada anak-anak? Anda bisa lakukan tips berikut ini.

Sebagai permulaan, pilihlah cerita dengan durasi yang sedang. Tidak terlalu panjang atau pendek. Selain agar tidak membosankan, anda juga bisa lebih fokus menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.

Jangan lupa, bercerita bukan hanya soal cerita yang menarik. Kondisikan si kecil berada dalam posisi yang nyaman untu mendengarkan cerita.

Jangan lupa sampaikan cerita secara ekspresif agar anak-anak bisa ikut merasakan emosi dari cerita.

Sampaikan cerita dengan tempo yang pelan, agar mudah disimak dan dipahami

Buatlah cerita yang anda sampaikan tidak hanya dalam bentuk komunikasi satu arah saja. Sesekali, pancing mereka dengan melontarkan pertanyaan atau pendapatnya di akhir cerita.

Itu dia beberapa manfaat mendongeng sebagai salah satu cara mendidik anak yang bisa Anda coba lakukan pada si Kecil sebelum tidur atau pada saat menikmati quality time bersama dengan si Kecil. Semoga bermanfaat dan semoga kita diberkahi anak yang pintar, sholeh dan sholehah. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security