Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Lakukan 5 Langkah Ini Agar Anak Betah Bermain Di Rumah

Sebagai orang tua tentunya punya rasa khawatir jika anak berada di luar rumah terlalu lama. Percaya kepada anak tentu hal utama yang harus dimiliki kepada orang tua, namun melihat banyak kejadian kriminal atau kejadian membahayakan lain membuat rasa was-was itu selalu ada. Oleh karena itu orang tua selalu punya berbagai cara agar si anak bisa menghabiskan banyak waktu di rumah, dan hanya keluar rumah untuk hal-hal positif saja.

5 Tips Bikin Anak Betah Di Rumah

Orang tua yang cerdas dan kreatif tentu menginginkan agar anaknya berkembang dengan baik tanpa dididik terlalu ketat. Memberi kesempatan dan kepercayaan untuk anak Anda juga menjadi faktor penting agar hubungan semakin dekat.

Buatlah anak untuk selalu merasa nyaman dengan suasana di rumah dan bersama keluarga dalam waktu yang lama. Jika Anda memiliki kekhawatiran saat anak berada di luar rumah terlalu lama maka buat mereka nyaman untuk segera pulang dan berlama-lama di rumah dengan 5 langkah berikut ini.

  • Sering Bergaul Dengan Anak Seperti Teman

Permasalahan orang tua dan anak yang sering terjadi disebabkan oleh hubungan keduanya karena tidak bisa menjalin emosi dengan baik. Orang tua sebaiknya melakukan pendekatan dengan anak seperti seorang teman.

Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa sikap, seperti menjadi pendengar yang baik, bercanda dan bahkan bermain bersama menggunakan permainan yang biasa digunakan anak Anda. Jika Anda memberikan tindakan tersebut pada anak, maka si anak akan merasa kehilangan teman terdekat jika berada di luar rumah.

  • Izinkan Anak Membawa Teman Bermain ke Rumah

Orang tua tidak selalu mengerti dengan kelakuan anak pada umumnya jika waktu anak lebih banyak dihabiskan di luar rumah. Oleh karena itu, hal yang paling mempengaruhinya adalah teman sepergaulan. Untuk menjaga pergaulan tersebut, sebaiknya berikan solusi kepada anak Anda untuk mengajak teman bermain menghabiskan waktu lebih lama di rumah. Hal itu juga berguna untuk memahami situasi pergaulan si anak.

  • Siapkan Hidangan Makanan Kesukaan Anak

Anak tentu memiliki segala sesuatu yang difavoritkan, termasuk makanan. Hindari memaksa anak Anda untuk menelan sesuatu yang tidak disukainya dengan cara menyuapi secara paksa ke dalam mulut si anak. Hal itu akan memberikan dampak buruk bagi anak saat sedang berkembang nanti.

Jika anak menolak makanan sehat, maka buatlah makanan tersebut menjadi menarik untuk dimakan. Selain itu, memasak makanan favorit anak juga dapat menghindari jajanan di luar yang kurang menyehatkan.

  • Izinkan Anak Memelihara Hewan Kesukaan

Ketahui sejak awal jika anak Anda memiliki ketertarikan menjadi seorang pecinta hewan. Jika Anda melarangnya karena khawatir, sebaiknya lakukan secara halus dan dengan cara yang benar. Namun, izinkan anak Anda memilih opsi lain saat ia menginginkan untuk memlihara hewan tertentu.

Hewan yang ramah bagi anak adalah, kucing, ikan, kelinci, hamster, burung, dan yang lainnya. Salah satu hewan peliharaan yang disunnahkan Rasullulah SAW adalah kucing. Bila perlu ajarkan juga kepada anak Anda cara memelihara hewan yang baik, agar si anak dapat tumbuh menjadi seorang penyayang.

  • Hindari Membentak Anak

Berusahalah untuk tidak sekalipun membentak anak, karena akan sangat berpengaruh pada kepribadian anak saat berkembang di usia tertentu. Anak yang dididik dengan keras bisa menyebabkan karakternya juga menjadi keras, mudah emosi, pendendam, atau bisa juga mudah frustasi, rendah diri, hingga stress.

Begitu juga ketika si anak sedang berkembang sesuai usianya, bersikaplah seperti seorang teman yang bisa diajak bercerita oleh anak tanpa ada rasa canggung atau tabu. Khususnya dalam membahas sesuatu yang menurut Anda sensitif di sepanjang usianya.

Berikan pengetahuan kepada mereka, jangan menutupinya karena akan membuat anak semakin penasaran dan mencari informasi lewat dirinya sendiri. Oleh karena itu, menjadi orang tua harus cerdas dan berpikiran terbuka.

Itu dia beberapa tips bikin anak betah dirumah, selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa membantu Anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security