Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Kesalahan Dalam Mendidik Anak dan Cara Mengatasinya

Pendidikan anak dimulai dari keluarga jadi dibutuhkan cara-cara yang baik untuk mendidik anak karena hal itu akan berpengaruh dalam kehidupan anak di masa depannya kelak. Ada beberapa kesalahan dalam mendidik anak yang kadang tidak disadari oleh para orang tua. Kesalahan-kesalahan itu akan berpengaruh dalam perkembangan mereka terutama dalam kondisi kejiwaan mereka.

Dalam pandangan islam anak dalam suatu anugerah atau titipan yang dipercayakan kepada kita semua para orang tua. Seorang anak adalah amanah bagi orang tuannya, sebagai generasi penerus dan juga bahkan anak memiliki peranan sebagai tabungan amal kita di akhirat.

Ya, seperti yang kita tahu salah satu amal yang tidak akan putus ketika kita meninggal adalah doa anak yang sholeh dan sholehah. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak salah mendidik buah hati Anda agar ia bisa menjadi lading amal Anda saat berada di dunia dan juga di akhirat.

Kesalahan Dalam Mendidik Anak dan Cara Mengatasinya Menurut Islam

Namun, walaupun begitu terkadang masih banyak orang tua yang tidak tahu bahwa cara mendidik anak baik itu tindakan atau perlakuan yang mereka lakukan untuk mendidik anak adalah cara yang salah. Oleh karena itu, berikut ini akan kami jelaskan dan dapat Anda perhatikan dengan seksama beberapa kesalahan orang tua dalam mendidik anak mereka. Apakah Anda juga termasuk? Langsung saja kita simak ulasannya.

  • Terlalu Memberikan Kebebasan dan Kurangnya Pengawasan Pada Anak

Memberi kebebasan dalam mendidik anak itu bisa dikatakan baik bila mereka juga diajari bertanggung jawab. Kurang pengawasan terhadap anak akan memberi efek buruk karena mereka akan lebih banyak bergaul diluar lingkungan keluarga yang jauh dari jangkauan orang tua. Kurangnya pengawasan ini juga membuat anak bebas melakukan apa saja tanpa bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

Oleh karena itu, pastikan Anda lebih memperhatikan dan mengawasi buah hati Anda agar ia tidak berada di jalan yang salah. Selain itu, jangan terlalu memberikan kebebasan pada buah hati Anda agar anak tidak manja dan jauh dari jangkauan orang tua.

  • Tidak Perhatian dan Terlalu Sering Meninggalkan Anak

Kegagalan dalam mendidik anak sebagai orang tua adalah ketika mereka gagal mendengarkan. Sebagai orang tua, mereka harusnya bisa memberikan perhatian yang dibutuhkan anak terutama disaat mereka mendapat masalah. Selain itu, mereka juga harusnya bisa menjadi tempat sang anak untuk berkeluh kesah sehingga mereka tidak akan membutuhkan pelarian disaat mereka mendapat masalah.

Juga, seorang anak akan merasa lebih nyaman jika bercerita kepada orang tua mereka. Sebagai orang tua yang sibuk, meluangkan waktu untuk anak adalah hal terpenting karena seorang anak tidak hanya butuh materi tapi juga perhatian.

  • Bertengkar di Hadapan Anak

Bertengkar dihadapan anak adalah salah satu hal yang keliru yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak. Hal ini akan membuat perkembangan psikologis mereka akan terganggu dan mereka bisa menjadi orang yang tidak akan sensitif terhadap masalah sekitar.

Dalam menghadapi masalah, harusnya dibiasakan untuk berdiskusi agar anak terbiasa dalam hal ini sehingga proses mendidik anak akan memberikan hasil yang baik untuk perkembangan kejiwaan mereka.

  • Terlalu Sering Membiarkan Anak Menonton TV

Membiarkan anak menonton TV secara berlebihan juga hal yang salah dalam mendidik anak. Seorang anak diperbolehkan menonton TV jika tidak mengganggu jam belajar mereka. Juga, mereka harus didampingi ketika menonton TV agar mereka mendapat arahan yang benar dari orang tua. Hal ini bisa dianggap cara mendidik anak yang baik.

Terlalu sering menonton TV juga akan berakibat buruk pada perkembangan otak dan akademik anak. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengatur jadwal buah hati Anda sehari-hari dengan sangat baik dan mengerti kapan waktu belajar dan kapan waktu untuk menonton TV.

Itu dia beberapa kesalahan dalam mendidik anak yang sering kali kita sebagai orang tua lakukan secara tidak sadar. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga anak Anda menjadi anak yang baik sholeh dan sholehah. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security