Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Daftar Tempat Wisata Pendidikan Karakter Anak di Indonesia

Anda sebagai orang tua tentu ingin selalu membuat anak terhibur dan tidak mudah bosan, selain itu Anda juga ingin sekaligus mendidik anak agar memiliki karakter yang baik demi masa depannya. Oleh karena itu, beberapa orang tua akhirnya lebih memilih untuk mengajak anak-anaknya mengunjungi berbagai tempat wisata yang menyediakan wahana edukatif saat libur sekolah. Dengan begitu mereka mendapatkan pelajaran penting di luar pendidikan formalnya saat di sekolah.

Anda jangan terlalu bingung untuk mencari tempat wisata yang edukatif selama masih berada di Indonesia. Karena di berbagai wilayahnya telah tersebar wahana menarik baik itu secara alami maupun buatan dapat membantu daya perkembangan karakter anak.

4 Tempat Wisata Edukatif yang Baik Untuk Karakter Anak

Kampoeng Wisata Cinangneng

Tempat wisata di Cinangneng, Bogor telah memberikan berbagai fasilitas yang sangat disarankan agar dicoba oleh anak-anak kecil. Selain mereka dapat bermain dengan teman-teman seusianya, mereka juga bisa mempelajari tentang kehidupan adat, budaya, sosial, serta kehidupan petani dan pekebun. Anak-anak bahkan diajari untuk mempraktekkan beberapa kegiatan tersebut, dan belajar memainkan alat musik daerah agar lebih mengenal sejarah dan kesenian budaya setempat.

Taman Safari Indonesia I, II, dan Bali

Wisata edukatif yang bisa membentuk karakter anak-anak untuk menyayangi binatang lokasinya berada di taman safari. Pelajaran yang bisa didapatkan oleh anak-anak, yakni pentingnya kehidupan satwa di alam liar dengan habitat yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu anak-anak juga bisa meningkatkan rasa sayang kepada binatang dengan melakukan sedikit interaksi dengan beberapa jenis binatang. Lokasi taman safari yang menyebar di Indonesia antara lain di Bogor, di sini anak-anak bisa mengetahui ribuan spesies hewan dari yang sering ditemui hingga yang terancam punah di dunia, seperti panda, dan komodo. Sama seperti pada taman safari Indonesia II di Prigen, namun di sana kurang cocok untuk dijadikan sebagai habitat untuk panda. Sementara di Bali, anak-anak bisa lebih mengetahui berbagai jenis burung yang langka dan habitatnya berasal dari Bali.

Museum Purbakala Sangiran, Jawa Tengah

Pelajaran sejarah manusia tentu perlu diberikan kepada anak-anak Anda, oleh karena itu tempat liburan yang cocok salah satunya adalah museum Purbakala, Sangiran. Di sini anak Anda bisa mempelajari penemuan teori evolusi manusia pertama kali, serta bisa mengetahui perkembangan sistem kehidupan manusia sejak zaman berburu dan meramu hingga modern. Museum Purbakala, Sangiran, Sragen, Jawa Tengah ini juga dijadikan sebagai situs warisan dunia UNESCO yang tercantum sebagai World Herritage Site yang harus dilestarikan.

Taman Wisata Peternakan

Tempat wisata edukatif yang penting bagi anak selanjutnya bertema peternakan. Di sana anak-anak bisa mengetahui proses yang dilakukan oleh para peternak dalam merawat dan mengembangkan hewan-hewan ternak, seperti kuda, sapi, dan kambing. Ada berbagai tempat wisata peternakan yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil, seperti Farm House Susu, Lembang, Hasmilk, Sukabumi, Istana Susu Cibugary, dan masih banyak lagi. Anak-anak akan mencoba dilatih untuk beternak, seperti memerah susu dan memberi makan sapi atau kambing.

Keywords : wisata pendidikan karakter anak

S/M : 110

‚Äč

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security