Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Cermati Beberapa Tips Memilih Tempat Bermain Anak Berikut Ini

Bermain merupakan salah satu aktivitas yang paling digemari oleh si Kecil, hal ini tentu tidak bisa kita pungkiri. Tidak hanya membuat si kecil riang gembira, akan tetapi di balik suasana riang gembira, aktivitas ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tumbuh kembang buah hati Anda lho. Hal ini karena bermain merupakan bagian yang penting dari pertumbuhan dan perkembangan fisik si kecil, kesehatan mental, dan juga sosial si Kecil.

Anda bisa mengajak anak bermain di dalam rumah ataupun di luar rumah. Namun, agar si kecil tidak bosan, bermain juga dapat dilakukan di luar rumah. Hal ini bahkan sangat di anjurkan oleh ahli terapis bermain anak yakni Mayke S. Tedjasaputra. Ia menjelaskan bahwa bermain di luar rumah merupakan kebutuhan anak usia prasekolah dan sekolah dasar.

Nah, setelah Anda mengetahui pentingnya bermain di luar rumah pastinya Anda sudah mulai memiliki keinginan untuk mengajak si Kecil mengunjungi beberapa tempat bermain yang ada di sekitar Anda bukan. Ada banyak tempat bermain anak yang dapat Anda pilih khususnya bagi Anda yang berada di ibukota atau kota-kota besar lainnya.

Tips Memilih Tempat Bermain Anak

Anda bisa mengajak Anak bermain ke pusat perbeanjaan yang menyediakan tempat bermain anak. Bahkan Anda juga bisa mengajak anak ke taman kota apabila si kecil sedang ingin bermain di luar ruangan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengajak buah hati Anda untuk berenang.

Pada umumnya tempat bermain anak juga biasanya akan dilengkapi dengan kolam renang. Nah, bagi Anda yang berencana untuk mengajak buah hati berenang. Pastikan Anda membawa dan mengenakan si kecil baju renang anak agar ia lebih nyaman saat bermain air dan berenang.

Namun, walaupun ada banyak tempat bermain anak yang tersedia pada saat ini. Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih tempat bermain anak yang tepat.

Tidak hanya beberapa tempat bermaian anak tersebut yang dapat Anda kunjungi bersama si Kecil. Masih ada banyak sekali tempat bermaian anak yang cukup aman dan nyaman bagi anak. Namun, walaupun demikian pastikan juga sebagai orang tua Anda lebih selektif dalam memilih tempat bermain anak yang tepat untuk si kecil.

Nah, bagi Anda yang berencana mengajak buah hati Anda ke tempat bermain. Simak dulu yuk beberapa tips memilih tempat bermain anak berikut ini.

Kebersihan Tempat Bermain

Kebersihan adalah hal yang paling utama yang harus benar-benar Anda cermati dalam memilih tempat bermain. Masalahnya adalah seperti yang kita tahu tempat bermain adalah fasilitas publik yang bukan hanya dipakai oleh si Kecil. Oleh karena itu, hindari tempat bermain dengan sarana yang tidak terawat atau terkesan jorok. Contohnya seperti perosotan yang sudah berlumut dan sarana lainnya yang kotor.

Lokasi Tempat Bermain

Pastikan tempat bermain Anak tidak berada terlalu dekat dengan jalan raya. Selain itu, apabila  kebetulan lokasinya ada di dalam gedung, pastikan Anda memilih tempat bermain yang terletak di lantai dasar. Hal ini dapat memudahkan si Kecil untuk dievakuasi bila terjadi apa-apa di dalam gedung dan pastinya lebih aman.

Jenis Permainan

Pada umumnya tempat bermain anak akan memiliki beragam jenis permainan di dalamnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda perlu memperhatikan baik-baik apakah jenis permainan tersebut diperuntukkan bagi anak berusia 4-6 tahun. Jangan sampai si Kecil menggunakan permainan khusus anak yang lebih besar misalnya seperti  memanjat jaring-jaring dan sebagainya karena tentu akan tidak aman.

Nah, itu dia beberapa tips memilih tempat bermain anak yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih tempat bermain si Kecil. Bagaimana? Sudah siap untuk bermain bersama si Kecil? Selamat bersenang-senang dan selamat bermain. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security