Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Pada hari libur sekolah atau hari minggu, tingkat frekuensi kehadiran anak Anda di rumah sangat kental dan sering. Sehingga banyak pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan menjadi terbengkalai. Terkadang anak Anda ingin selalu bermanja-manja disamping Anda atau justru membuat rumah Anda seperti kapal pecah karena perlengkapan rumah tangga dan mainannya bercampur aduk dan berserakan dimana-mana.

‚Äč

Sebagai orang tua yang arif dan bijak Anda tak perlu marah atau jengkel, justru Anda harus merasa bahagia karena anak Anda termasuk anak yang sehat dan lincah serta anugerah dari sang Maha Kuasa. Anda harus putar otak dan akal, bagaimana caranya mendapatkan rumah yang beres dan rapi tapi tak mengurangi kebebasan berekspresi dan bermain dari anak Anda.

Tips Menyelesaikan Pekerjaan Saat Anak Berada Dirumah

Di bawah ini ada beberapa tips menyelesaikan pekerjaan rumah tapi segi keamanan dan kenyamanan anak Anda bermain tetap tersedia.

  • Buat Skala Prioritas Pekerjaan Mulai Dari Yang Termudah Sampai Yang Terberat

Kerjakan terlebih dahulu jenis pekerjaan yang termudah seperti menata kembali perlengkapan rumah tangga yang berceceran ke tempatnya semula. Jika sudah waktunya tidur siang, maka coba Anda menidurkan anak Anda yang sudah lelah bermain ke kamar tidur anak.

  • Pilih Cara Praktis Membersihkan Rumah

Pilih cara yang praktis dalam membersihkan perlengkapan rumah tangga, seperti dengan cara dibersihkan dengan kemoceng saja tanpa harus dicuci atau diusap saja tanpa harus digosok-gosok demi menghemat waktu.

  • Cicil Pekerjaan Rumah

Cara menyelesaikan pekerjaan rumah saat Anak berada di rumah yang selanjutnya adalah Anda bsisa menyicil pekerjaan rumah Anda setiap harinya. Hal ini karena tidak ada hal yang mengatur bahwa rumah harus di bersihkan dari ujung ke ujung dalam satu kali pengerjaan. Jadi, Anda bisa menyicil beberapa tugas membersihkan rumah setiap harinya, Hal ini cukup efektif untuk dilakukan dan dapat menyisakan banyak waktu bersama si kecil saat weekend.

  • Menidurkan Anak Terlebih Dahulu

Anda juga bisa melakukan pekerjaan rumah setelah Anda beres menidurkan anak. Setelah itu Anda bisa bersihkan semua perlengakapan rumah tangga Anda kemudian simpan di tempat yang tepat.

  • Mengajak Anak Bersih-bersih

Apabila Anda memiliki buah hati yang sudah cukup umur misal anak umur 5 atau 6 tahun. Anda bisa saja mengajaknya bersih-bersih rumah. Hal ini tidak buruk bagi Anak karena dengan begitu Anda juga dapat mengajarkan kebiasaan hidup bersih pada si buah hati.

Seperti Ungkapan dalam Islam, kebersihan adalah sebagian dari iman. Hal ini tentu saja adalah tanggung jawab Anda sebagai orang tua untuk mengajarkan anak hidup bersih sejak dini. Jadi, tidak ada salahnya pada hari libur dan anak sedang berada di rumah. Anda mengajak mereka untuk ikut serta membantu pekerjaan rumah.

Tidak perlu pekerjaan rumah yang berat, Anda bisa menyuruhnya dengan hal kecil terlebih dahulu misalnya seperti meletakkan kembali mainan pada tempatnya, membersihkan tempat tidurnya sendiri, atau Anda juga bisa mulai mengajarkannya untuk cuci piring. Namun, pastikan tetap berada dalam pengawasan Anda sebagai orang tua yah.

Itu dia beberapa cara menyelesaikan pekerjaan saat Anak berada dirumah. Satu lagi yang harus Anda ingat dan perhatikan adalah jika perlengkapan rumah tangga Anda terlalu ramai, maka atur sedemikian rupa agar tidak terkesan show of force ketika Anda kedatangan tamu atau kerabat. Jangan menambah pelengakapan rumah tangga yang bersifat substitutif yakni membeli perlengkapan rumah tangga yang sudah Anda miliki. Beli perlengakapan rumah tangga yang sifatnya komplementer yakni barang yang belum Anda miliki.

Selamat menjadi ibu rumah tangga yang baik. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security