Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Bisa Liburan Seru

Liburan tentu sangat dibutuhkan untuk Anda dan keluarga pada akhir pekan. Ya, liburan adalah salah satu cara menghilangkan stress akibat rutinitas sehari-hari baik bekerja atau menjadi ibu rumah tangga. Jadi, tentu tidak ada salahnya dong untuk menyempatkan liburan bersama dengan kelaurga pada akhir pekan.

Namun, liburan seru dan menyenangkan pastinya akan membutuhkan biaya pengeluaran. Tentu akan sangat pusing bukan, kalau ternyata pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Bisa-bisa jatah liburan Anda juga tidak ada bersama keluarga karena kondisi keuangan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir ada tips dan trik mengatur keuangan keluarga agar bisa menikmati liburan seru bersama keluarga minimal 1 bulan sekali. Yuk kita atur lagi skala prioritas belanja bulanan kita. Sebenarnya kalau disiplin dengan anggaran Anda bisa kok pergi liburan seru bersama si kecil dan keluarga.

Cara Mengatur Keuangan Keuarga Agar Bisa Liburan Seru

Nah, berikut ini beberapa cara mengatur keuangan keluarga yang dapat Anda lakukan agar dapat pergi liburan seru bersama dengan si Kecil dan keluarga serta pastinya belanja bulanan pun aman terkendali.

Buat Daftar Belanja

Biasanya setiap awal bulan kita akan berbelanja ke supermarket untuk belanja bulanan. Buatlah dengan cermat apa saja yang harus Anda beli. Jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Abaikan juga sejumlah promosi barang elektronik kalau memang tidak dibutuhkan. Di sisi lain, Anda bisa membeli produk yang sedang diskon, misalnya beli 2 gratis satu untuk sabun atau shampo.

Cari Income Tambahan

Coba sekarang buat daftar kebutuhan rutin setiap bulan yang harus Anda penuhi. Lalu pertimbangkan juga persentase setiap posnya. Syukur-syukur Anda masih bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung. Tapi bagaimana kalau sudah dipangkas sana sini ternyata penghasilan Anda masih kurang? Hmmm, kalau begitu Anda harus mencari penghasilan tambahan.

Pastikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ini Anda tidak mengeluarkan lagi uang sebagai modal, atau setidaknya tidak banyak mengeluarkan uang. Anda bisa mencoba untuk menjadi dropship toko online, sehingga tidak perlu menyimpan deposit di sana, misalnya. Kalau Anda jago ngomong, kenapa tidak menjajal jadi MC? Atau pintar membuat kue tau makanan? Cobalah tawarkan pada teman atau keluarga.

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Lainnya

Anda masih memasang telepon fixed lain di rumah dan jarang dipakai? Bagaimana kalau diputuskan saja? Anda masih bisa menggunakan ponsel untuk berkomunikasi dan lebih terkendali. Lagi pula menggunakan telepon dengan fixedline malah cenderung membuat kita ngobrol berlam-lama untuk hal yang tidak penting.

Cek koleksi pakaian Anda. Mungkin ada beberapa potong yang masih layak pakai dan bisa dimodifkasi jadi model baru. Memotong atau mendesain ulang memerlukan sedikit uang daripada membeli lagi yang baru.

Untuk bumbu-bumbu dapur seperti cabe, daun bawang atau seledri kenapa tidak coba untuk menanam sendiri di rumah? Cara ini juga akan membantu saat Anda membutuhkan bumbu saat memasak malam hari atau hari sedang hujan. Praktis dan murah.

Masak vs jajan? Mendingbuat sendiri saja masakan atau camilan di rumah. Selain lebih hemat, kehigienisannya juga lebih terjaga. Untuk satu porsi bolu di toko misalnya, Anda bisa menghemat setengahnya atau malah lebih murah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Atau untuk membuat ayam crispy dengan harga Rp. 20.000an di luar bisa Anda buat untuk seisi rumah dengan anggaran yang sama.

Masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran sehingga dengan cara tersebut Anda bisa menciptakan liburan seru bersama keluarga. Setiap oramg pastinya punya skala prioritas yang berbeda. Fokuskan dulu anggaran untuk belanja yang lebih penting. Tahan keinginan Anda untuk hal-hal yang masih bisa ditunda. Meski begitu, Anda masih boleh untuk menikmati me time seperti berlibur bersama keluarga.

Jadi, intinya bersabarlah untuk menabung, dan ingat, jangan pernah berpikir untuk memenuhi keinginan Anda dengan berhutang, ya. Itu dia beberapa cara mengatur keuangan keluarga agar bisa liburan seru bersama si Kecil dan keluarga kecil Anda. Selamat mencoba, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security