Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak

Kebiasaan buruk pada anak bisa terjadi pada buah hati Anda tanpa harus Anda minta karena setiap anak pasti memiliki kebiasaan buruk dan hal ini adalah suatu hal yang lumrah. Hal ini tentu adalah satu hal yang sangat penting untuk Anda atasi dan Anda tangani. Anda harus bertindak dan melakukan suatu hal agar anak Anda bisa bebas dalam masalah ini. Selain itu, masalah yang telah dihadapi dengan baik tidak akan mengganggu prosesnya untuk berkembang sehingga dia bisa menjadi tumbuh menjadi anak yang baik, menjadi anak kreatif dan lebih bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

‚Äč

Tentunya Anda tidak ingin kan memiliki anak yang selalu melakukan kebiasaan buruk? Dalam islam juga sudah diajarkan bahwa, orang tua memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mendidik buah hatinya menjadi seseorang yang sholeh dan sholehah. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi kebiasaan buruk pada anak yang dapat Anda coba lakukan dan Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar buah hati Anda terbiasa.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak

Ada banyak cara mengatasi kebiasaan buruk anak yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda bisa menyelesaikan masalah kebiasaan buruk pada anak ini. Kebiasaan buruk pada anak dapat digolongkan menjadi beberapa macam. Nah, berikut ini beberapa jenis kebiasaan buruk pada anak, penyebab dan cara mengatasi kebiasaan buruk anak tersebut.

  • Kebiasaan Buruk Anak Mengompol dan Cara Mengatasinya

Jika buah hati Anda memiliki kebiasaan buruk anak yakni sering ngompol, maka Anda harus memikirkan cara mengatasi kebiasaan buruk anak tersebut agar tidak terbiasa mengompol lagi melalui cara yang baik dan benar. Jika karena kebanyakan minum anak Anda ngompol, Anda harus menidurkan anak dengan cara lain selain menyusu. Anda bisa mengajaknya berkeliling dahulu. Selain itu, anak juga harus mengurangi kegiatannya ketika akan tidur karena banyak kegiatan yang dia lakukan akan menambah kemungkinan dia untuk mengompol. Cara mendidik balita ini bisa dikatakan efektif jika Anda melakukannya dengan benar.

  • Kebiasaan Buruk Anak Rewel dan Cara Mengatasinya

Kebiasaan buruk balita yang kedua adalah anak rewel. Jika ini terjadi, yang perlu Anda lakukan adalah sabar untuk menengkannya. Selain itu, Anda juga harus cari tahu penyebabnya apakah karena dia mimpi buruk atau lainya dan mencoba mengurusinya dengan baik. Jika Anda membiarkan hal ini berlarut-larut, anak Anda tidak akan nyaman dan dia akan lebih merepotkan Anda. Jika anak Anda rewel karena sakit, coba beri dia obat yang akan membuatnya lebih nyaman. Selain itu, Anda juga perlu memberinya makan dan minum jika dia rewel karena lapar.

  • Kebiasaan Buruk Anak Sering Berbohong dan Cara Mengatasinya

Kabiasaan buruk anak yang lainnya adalah berbohong. Ya, tidak sedikit anak kecil yang suka berbohong. Untuk mengatasinya Anda harus mendapat informasi yang benar untuk mengatasi hal itu. Salah satunya adalah melalui buku atau informasi pada artikel ini yang dapat Anda jadikan referensi.

Pada umumnya, Anak akan berbohong karena takut Anda marahi, jadi usahakan untuk memberi kebebasan yang bertanggung jawab padanya. Selain itu, jangan membiasakan anak berbohong. Sebagai contoh, jika ada tamu, Anda memintanya untuk bilang bahwa Anda sering keluar. Hal ini bisa saja adalah salah satu penyebab munculnya kebiasaan buruk anak yang suka berbohong karena mengikuti tindakan dan perkataan Anda secara tidak langsung.

Anda bisa berikan pengertian kepada buah hati Anda bahwa berbohong adalah perbuatan yang buruk dan dosa. Jika memungkinkan pastikan juga Anda menjelaskan tentang akibat dari orang yang suka berbohong menurut islam.

Atau untuk awalan Anda bisa memberikannya pengertian sembari memberikan buah hati Anda buku cerita tentang hal buruk dan hal baik serta hukuman atau reward yang akan diberikan ketika seorang anak berbuat baik atau tidak berbohong lagi.

Selamat mencoba dan semoga beberapa cara mengatasi kebiasaan buruk anak ini bermanfaat baik untuk pertumbuhan buah hati Anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security