Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Cara Mengajari Anak Berenang yang Benar dan Aman

Berenang merupakan salah satu life skill atau keahlian yang sangat diperlukan dalam hidup seseorang. Ya, dengan tahu teknik dan cara berenang yang benar kemungkinan besar Anda bisa bertahan ketika tenggelam. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar renang dan juga mengajari anak berenang.

Namun, masih banyak para orang tua yang bingung bagaimana cara mengajari anak berenang yang aman dan juga benar. Sebenarnya anak dapat diajari renang sejak dini bahkan sejak baru lahir bayi sudah bisa diajarkan berenang. Hal ini karena pasalnya selama Sembilan bulan berada di dalam perut, bayi sudah terbiasa dengan air.

Bahkan, pada saat menginjkan usia empat bulan bayi sudah memiliki refleks menyelam. Ini artinya mereka sudah mulai tahu bagaimana cara agar tidak menelan air. Jadi, sangatlah ideal untuk mengajarkan anak berenang sejak usia dini.

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah akan lebih baik Anda mangajarkan anak berenang sejak dini. Hal ini karena semakin usia bertambah secara otomatis otak anak juga akan semakin berkembang dan membuat refleks ini justru menghilang. Dengan begitu, anak perlu belajar lagi untuk menajan nafas di dalam air.

Tips dan Cara Mengajari Anak Berenang

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak. Namun walaupun begitu bukan berarti olahraga yang satu ini aman tanpa pengawasan Anda sebagai orang tua. Hal ini karena faktany banyak kasus tenggelam di kolam renang yang cukup tinggi. Bahkan menurut penelitan di Australia menunjukkan bahwa anak berusia di bawah 5 tahun adalah kelompok yang paling rentan tenggelam.

Nah, oleh karena itu bagi Anda para orang tua yang berencana untuk mengajarkan anak berenang. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana cara mengajari anak berenang yang dapat Anda lakukan bersama si kecil.

Pastikan Mood Anda dan Buah Hati dalam Keadaan Baik

Tips pertama pada saat akan mengajari anak berenang adalah pastikan mood Anda dan buah hati sedang bagus saat mengajarkan anak berenang. Dengan begitu Anda akan lebih sabar dan anak akan senang belajar renang.

Pada saat pertama kali sangat mungkin buah hati Anda akan merasa takut dan waswas. Jadi pastikan Anda berada di sampingnya dan buatlah buah hati Anda merasa aman agar anak lebih senang berada di dalam air.

Ajak Anak Bermain Di Pinggir Kolam Terlebih Dahulu

Sebagai langkah awal cara mengajari anak berenang, Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain-main di pinggir kolam terlebih dahulu. Setelah itu, secara perlahan Anda bisa mengajaknya ke kolam yang lebih dalam.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah pastikan ciptakan suasana yang menyenangkan misalnya seperti bermain air atau bermain siram-siraman dengan buah hati.

Mengembangkan Kemampuan Gerakan Gaya Renang

Ketika sang anak sudah memiliki keberanian, Anda bisa mulai untuk mengajarkannya teknik gaya renang. Dimulai dari latihan tendangan kaki, gaya bebas atau gaya dada. Dilanjukan denga gerakan tangan dan gaya renang lainnya secara perlahan.

Caranya adalah Anda bisa membuat posisi anak tengkurap, sanggah badannya dengan kedua tangan Anda. minta anak Anda untuk melebarkan lengan seolah-olah menjadi pesawat. Setelah itu Anda bisa pegang ketiak si kecil dengan dua tangan dan biarkan kakinya bergerak sendiri. Dengan begini, secara perlaha anak akan beajar cara mengapung.

Lebih Baik Gunakan Baju Renang Anak

Pada saat mengajari anak berenang, akan lebih baik dan lebih nyaman jika buah hati Anda mengenakan baju renang anak. Selain lebih aman dan nyaman, anak juga akan lebih senang belajar renang.

Sekarang sudah siap kan ajari anak berenang? Itu dia beberapa cara mengajarkan anak berenang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security