Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

Beberapa Cara Agar Anak Cepat Bicara dengan Merangsang Kemampuannya

Coba deh Anda perhatikan perkembangan anak-anak balita. Mereka yang sudah menginjak usia 1 tahun ke atas. Siapa yang lebih cerewet dan lebih cepat menguasai dan mempunyai perbendaharaan kata-kata. Anak perempuan? Yes, betul banget, Moms.   Memang lebih mudah untuk mengajak ngobrol anak-anak perempuan, malah kadang-kadang kita bisa dibuat kecapean karena harus meladeni omongannya. Berbeda dengan anak-anak laki, kemampuan verbal mereka terbilang lebih lambat.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Maryland School Medicine, ternyata seorang anak perempuan berbicara 3 kali lebih banyak daripada anak laki-laki. Dalam sehari, seorang anak perempuan bisa berbicara antara 13.000 sampai dengan 20.000 kata. Coba bandingkan dengan anak laki-laki yang lebih irit, hanya  berbicara sebanyak 7.000 kata saja.

Wajar saja, karena memang seorang anak laki-laki jauh lebih lincah dan aktif daripada anak-anak perempuan, sehingga waktu mereka untuk menambah kosa kata tersita untuk aktifitas fisiknya. Selain itu, secara hormonal, anak laki-laki dipengaruhi oleh kadar testosteron sehingga kemampuan verbalnya jadi lambat.

Cara Agar Anak Cepat Bicara dengan Merangsang Kemampuannya

Tapi tenang saja Moms, Ada beberapa cara kok yang bisa kita lakukan untuk merangsang kemampuan berbicara pada anak laki-laki. Beberapa cara berikut ini bisa Anda coba lakukan di rumah.

  • Perbanyak waktu bermain dengan mereka
  • Saat ngobrol, akan lebih baik lagi bila kita melakukannya sambil menatap wajah dan melakukan kontak mata.
  • Biasakan memosisikan diri kita sejajar mereka. Jangan merasa sungkan untuk berlutut agar Anda bisa menatap langsung matanya.
  • Sampaikan maksud Anda secara singkat dan jelas, tidak bertele-tele agar mudah dipahami. Misalnya saja dengan mengatakan kepada mereka, “Kakak, kita makan, yuk?” atau “Ayo kita tidur siang dulu.”
  • Berusaha memahami anak-anak, posisikan diri kita sebagai anak-anak agar bisa berkomunikasi dengan cara yang dipahaminya.
  • Tidak semua anak mempunyai kecerdasan yang sama. Sebaiknya ajari anak-anak Anda dengan satu bahasa dulu agar mereka lebih mudah mencerna apa yang didengarnya. Anda bisa mengajari bahasa lainnya bila ternyata si kecil sudah memahami apa yang Anda sampaikan.
  • Jangan berbicara terlalu cepat, atau terlalu pelan. Gunakan tempo bicara yang cukup.
  • Banyak-banyaklah menyampaikan ungkapan berupa seruan misalnya “Hebat!” “Oh!”
  • Ajak anak-anak untuk melakukan sesuatu yang memerlukan respon dari mereka. Misalnya mengajak mereka untuk melakukan tos, melambaikan tangan, memeluk atau mencium.
  • Tidak ada salahnya  bila Anda mengulang maksud yang ingin disampaikan, berikan jeda waktu setidaknya selama 5 detik.
  • Anda juga bisa menggunakan benda untuk memudahkan anak-anak memahami maksud Anda.
  • Ajak anak-anak untuk melihat buku dan bercerita kepada mereka tentang apa yang dilihatnya di buku.
  • Jangan ragu untuk mengoreksi mereka bila salah mengucapkan sesuatu atau susunan kalimat yang salah.
  • Ajari anak-anak untuk menyanyi dan mengulangnya untuk menambah kosa katanya.
  • Berikan pujian bila mereka bisa menguasai kosa kata yang baru.

Jadi, itu dia beberapa cara agar anak cepat bicara yang dapat Anda coba lakukan pada buah hati Anda yang mungkin mengalami keterlambatan dalam hal berbicara. Namun, satu hal yang perlu dan harus Anda ingat adalah setiap anak memiliki kemampuan dan kecepatan berbicara yang berbeda. Karena bisa saja anak Anda terlambat berbicara namun cepat dalam hal berjalan.

Setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing termasuk dalam keterlambatan pada suatu hal. Satu hal yang harus Anda lakukan sebagai orang tua adalah tetaplah berusaha untuk mendidik dan mengajari anak dengan sabar. Semoga bermanfaat, terimakasih.​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security