Gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek

ASI Eksklusif Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Saat ini, dua badan PBB, WHO dan Unicef, menganjurkan agar bayi diberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Eksklusif di sini, maksudnya, bayi tidak diberikan makanan apapun selain ASI selama usianya belum menginjak enam bulan. Banyak alasan di balik keputusan ini.

Dari segi kesehatan bayi, penelitian lanjutan mengungkap bahwa, di bawah usia enam bulan, sistem pencernaan bayi belum berkembang secara optimum. Begitu pula dengan sistem imunnya. Dengan demikian, bayi di bawah usia enam bulan masih rentan terkena bakteri dan berbagai macam penyakit.

Kandungan ASI Ekslusif untuk Si Kecil

ASI menjawab kekhawatiran ini karena sifatnya yang secara alamiah steril. Selain itu, ASI tidak akan menyebabkan efek samping bagi bayi. Perlindungan yang diberikan ASI mampu mencegah infeksi telinga, pernapasan, saluran kencing, konstipasi, dan alergi.

Terlebih lagi, kandungan ASI luar biasa kaya dan bergizi tinggi, kandungan yang sangat dibutuhkan oleh seorang bayi. Bayangkan saja, di dalam ASI, diketahui ada sekitar 200 unsur zat yang bermanfaat bagi pertumbuhan bayi.

Antara lain, protein, laktosa, lemak, asam amino, mineral, vitamin A, C, D, E, dan B12, serta DHA, ARA, Omega 3, dan Omega 6. Asam amino, DHA, ARA, Omega 3, dan Omega 6, adalah zat yang berperan dalam perkembangan otak bayi.

Jumlahnya jauh lebih tinggi dari kandungan di susu formula, dan, sebetulnya, tidak dapat direkayasa secara penuh oleh produsen susu formula. Dari sisi kecerdasan bayi, berbagai penelitian, dari era 1950-an sampai milenium, menunjukkan keuntungan menyusui; anak ASI memiliki kadar kecerdasan yang lebih tinggi.

Hasil penelitian atas 14.000 anak selama 6,5 tahun, yang dipimpin Profesor Michael Kramer dari Universitas McGill, Kanada, menunjukkan bahwa ASI memang dapat meningkatkan IQ bayi. Kesimpulan ini didapat setelah melakukan tes pada 14.000 anak tersebut di bidang membaca, menulis, dan matematika.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak memberikan anak ASI eksklusif selama enam bulan. Setelah lepas masa eksklusif, terus berikan ASI, karena tidak ada susu terbaik bagi anak, selain ASI.

Manfaat ASI Eksklusif untuk Kecerdasan Anak

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat ASI Ekslusif untuk kecerdasan anak Anda yang wajib Anda ketahui.

  • Meningkatkan Penglihatan dan Motorik Anak

Kandungan asam lemak DHA dan AA yang ada pada ASI sudah terbukti mampu untuk membantu meningkatkan penglihatan dan beberapa respon motorik pada anak.

  • Memaksimalkan Perkembangan Sistem Saraf Pusat

Sedangkan kandungan laktosa yang termasuk dalam golongan karbohidrat memiliki peranan yang sangat penting dalma perkembangan sistem saraf pusat buah hati Anda. Hal ini sudah dibuktikan dengan dilakukannya penelitian yang dilakukan oleh Horwoord dkk yang menyebutkan bahwa ASI dapat meningkatkan kecerdasan atau IQ si kecil.

  • Mempercepat dan Meningkatkan Pertumbuhan Otak Anak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang ada di Universitas Brown menemukan bahwa pemberian ASI Eksklusif tidak hanya dapat mempercepat pertumbuhan otak anak saja, akan tetapi juga dapat meningkatkan pertumbuhan otaknya.

  • Hasil Akademik di Kemudian Hari

Manfaat ASI eksklusif untuk kecerdasan anak yang berikutnya dan sudah dibuktikan melalui studi Horwoord LJ di Selandia Baru juga menunjukkan bahwa ASI memiliki peranan yang sangat penting dalam hal akademik di kemudian hari. Seorang anak yang diberi ASI eksklusif llebih dari 8 bulan akan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan juga kemampuan membaca, menghitung matematika dan juga hasil akademik yang lebih tinggi di sekolah.

Jadi, pastikan Anda memberikan ASI eksklusif untuk buah hati Anda ya. Itu dia penjelasan mengenai ASI Eksklusif yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Keywords : ASI Eksklusif

S/M : 232

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security